Jenis-jenis Atap Taman dan Cara Memilihnya

28/09/2016 - 4 minutes read

Atap kaca merupakan salah satu metode untuk memasukkan cahaya matahari secara alami. Atap kaca sangat awet dan tahan lama karena material yang digunakan sangat kokoh. Atap kaca cocok digunakan untuk area umum seperti atap taman.

Trideko bisa mewujudkan atap taman impian Anda dengan atap kaca yang berkualitas. Taman di rumah Anda atau taman umum di sekitar Anda akan lebih terlihat asri saat menggunakan atap kaca. Taman yang menggunakan atap kaca juga akan terlihat lebih luas.

Atap kaca awalnya hanya digunakan pada bangunan besar seperti rumah sakit dan pusat perbelanjaan. Namun seiring berkembangnya waktu, kini atap kaca telah digunakan dalam berbagai bangunan biasa.

Jenis Jenis Kaca untuk Atap Taman

Saat akan membangun atap kaca, Anda harus bisa memilih jenis kaca sesuai kebutuhan. Berikut ini jenis atap kaca:

1. Minimalis Tempered

Kaca jenis minimalis tempered cocok digunakan untuk pintu kaca. Biasanya tebal kaca 10 mm atau 12 mm. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kelebihan kaca tempered:

• Kaca jenis ini sangat aman. Saat kaca pecah akan menjadi kecil-kecil seperti kristal. Kaca tidak tajam sehingga keselamatan Anda akan terjaga.
• Kaca ini 5 kali lebih kuat dari kaca biasa. Ini akan menghindarkan dari resiko pecah kaca.
• Kaca ini awet dan tahan lama. Kaca tahan dengan suhu yang berubah-ubah secara ekstrim.

2. Minimalis Akrilik

Kaca akrilik terlihat lebih cantik dan berkilau. Harga jenis ini sedikit lebih mahal. Jika Anda ingin mempercantik rumah Anda tentu harga ini akan sepadan dengan hasilnya.

Kekurangannya, kaca jenis ini gampang tergores dan buram jika terus menerus terkena hujan dan panas.

3. Minimalis Sunblast

Sunblast adalah metode untuk membuat kaca mempunyai efek buram. Metode ini bisa dilakukan dengan pemasangan stiker atau penembakan pasir kuarsa. Pembuatan kaca sunblast bisa menggunakan kaca biasa atau kaca tempered.

4. Minimalis Laminated

Kaca ini telah di proses dengan PVB. Keuntungan menggunakan kaca jenis ini yaitu kedap suara serta memiliki banyak pilihan warna. Anda bisa memilih warna sesuai selera Anda.

Selain pemilihan jenis kaca yang tepat, Anda juga harus memilih rangka penyangga kaca. Konsep pembangunan Anda harus matang agar pemilihan rangka juga tepat untuk menghindari roboh karena beban kaca yang berat.

Pilihan Rangka Kaca

Sementara itu, untuk pilihan rangka terdapat beberapa bahan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan:

1. Kayu

Zaman sekarang ini mencari kayu dengan kualitas bagus membutuhkan uang yang tidak sedikit. Kelangkaan kayu terbaik membuat harga semakin mahal. Namun rangka kaca dengan kayu akan kuat dan tahan lama.

2. Besi hollow

Besi berbentuk pipa persegi berongga ini mempunyai banyak kelebihan. Selain untuk rangka atap kaca, besi hollow juga digunakan untuk rangka plafon, pagar, teralis, dan lain sebagainya.

Besi hollow terbaik saat ini ada 2. Yaitu besi hollow galvanise dan besi hollow galvalum. Harga besi hollow galvalum lebih mahal dari besi hollow galvanise. Besi hollow galvanise membutuhkan lapisan cat dan anti karat untuk membuatnya bertahan lama.

3. Baja

Baja bisa Anda gunakan untuk pembuatan atap kaca dengan ukuran besar. Anda bisa memilih baja jenis WF atau H Beam. Agar lebih cantik, Anda bisa melapisi dengan alumunium composite panel.

Dengan penjelasan jenis kaca diatas semoga Anda tidak salah memilih bahan atap kaca. Begitu juga dengan rangka atap kaca, jangan sampai salah pilih. Rangka yang kuat akan menghasilkan bangunan yang lebih awet dan tahan lama.

Segera hubungi Trideko untuk mewujudkan atap taman impian Anda. Trideko selalu melayani dengan sepenuh hati.

Tags: , , , , , , , ,