Rekomendasi Canopy Carport dari Trideko

28/09/2016 - 4 minutes read

Rekomendasi Bahan, Keunggulan dan Kisaran Harga Canopy untuk Carport
Pilih canopy carport terbaik untuk melindungi kendaraan Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan, keadaan, dan bentuk rumah agar fungsi carport lebih maksimal. Perhitungkan juga keindahan kanopinya, berikut akan dibahas beberapa rekomendasi bahan kanopi terbaik yang bisa dipilih.

6 Rekomendasi Canopy untuk Carport dan Keunggulannya


Carport dan garasi memang sama-sama untuk menyimpan kendaraan, tapi memiliki perbedaan. Garasi merupakan ruangan tertutup dibatasi tembok-tembok dan bisa dipakai gudang. Sedangkan carport merupakan ruangan penyimpanan kendaraan terbuka yang dilengkapi atap, bisa lebih luas dari garasi.

Biasanya carport berada di emper rumah yang hanya dipasangi canopy sebagai pelindung. Dilihat dari tampilannya, carport membutuhkan sedikit ruang dan lebih fleksibel daripada garasi. Namun, pemilihan atap untuk carport harus benar-benar diperhatikan agar fungsi dan penampilannya lebih maksimal.

Bagi yang masih bingung memakai bahan apa untuk atap carport, di bawah adalah beberapa jenis canopy carport beserta keunggulannya:

1. Kanopi Membrane

Kanopi Membrane bisa dibilang yang paling banyak disukai daripada kanopi jenis lainnya karena ketahanannya yang kuat. Kanopi ini memiliki penutup atap dari bahan kain membrane, harga kanopi terbilang mahal karena jenis kain yang digunakan pun sangat kuat.

Keunggulan kanopi dari bahan membrane, sifatnya tahan terhadap kerusakan yang disebabkan cahaya matahari langsung. Juga tahan terhadap zat-zat kimia lain yang bisa menempel di atas kanopi. Kanopi bahan ini sangat cocok untuk dijadikan atap carport.

Kisaran harga kanopi membrane sekitar 750 ribu/m² sampai 1,8 juta/m². Namun, harga bisa berubah karena beberapa faktor termasuk jarak.

2. Kanopi Baja Ringan

Bila kanopi membrane membahas tentang penutup kanopinya, kanopi baja ringan ini merupakan sebutan untuk kerangka kanopinya. Ada tiga bahan yang bisa dijadikan kerangka untuk kanopi yaitu kayu, baja dan besi. Namun, dari ketiga jenis tersebut, baja ringan lebih direkomendasikan untuk canopy carport.

Keunggulan kanopi jenis ini, bahan baja tidak akan cepat lapuk karena terkena panas atau hujan juga tidak berkarat. Kerangka dari baja lebih tahan lama dan tidak perlu khawatir akan dimakan rayap seperti kerangka kayu. Perawatannya juga sangat mudah dan minim, tahan berbulan-bulan.

3. Kanopi Kaca

Kanopi kaca dilihat dari permukaannya terbagi menjadi dua, yaitu kanopi kaca transparan atau bening dan kanopi kaca buram. Untuk kanopi carport biasanya orang menggunakan kaca buram. Sedangkan kaca bening digunakan sebagai kanopi beranda rumah untuk bersantai.

Keunggulan kanopi kaca ini tentunya kesan yang terlihat bersih juga mewah. Namun, Sesuai kesan yang terlihat kanopi kaca juga memiliki harga mahal dibanding kanopi bahan lain.

4. Kanopi Gogreen

Kanopi jenis ini mulai dikenal ketika ramai orang berkampanye tentang ‘selamatkan alam’ sehingga para desainer ikut memeriahkan melalui karyanya. Mengapa dinamakan gogreen karena bahan yang digunakan tidak membahayakan alam dan anti racun (ramah lingkungan).

Atap ini memiliki tekstur bergelombang dan biasanya terbuat dari bahan baja ringan yang diuji kelayakan lingkungan terlebih dahulu. Keunggulannya gogreen lebih kuat dari atap bergelombang lainnya, mampu menahan berat sampai 100kg.

Itulah beberapa rekomendasi bahan kanopi untuk carport dengan Keunggulan masing-masing. Jika Anda sudah menentukan akan menggunakan bahan kanopi yang mana, saatnya mencari jasa pasang dan toko materialnya.

Trideko menyediakan berbagai bahan canopy dari mulai atap kaca sampai baja. Di sana juga menyediakan survey lokasi gratis, konsultasi bahan gratis dan jasa pemasangan canopy carport berkualitas, langsung cek di Trideko.

Tags: , , , , , , , ,