Rekomendasi Canopy Kaca Ruko ala Trideko

28/09/2016 - 4 minutes read

Canopy kaca ruko merupakan salah satu model trending di tahun 2020 an ini, dengan eksistensinya yang dirombak atau di desain sedemikian rupa mengikuti perkembangan zamannya. Membuatnya semakin terlihat elegan, tentunya hal ini berbarengan dengan perkembangan desain rumah-rumah lainnya yang juga menggunakan kaca sebagai penghias desain rumah mereka.

Walau memang pada tahun 2010 kaca hanya diperuntukkan untuk hotel, restoran besar, kantor dan rumah sakit. Kini penggunaan kaca telah merambah ruah dalam penggunaannya.

Mengapa Harus Menggunakan Canopy Kaca pada Ruko?

Penggunaan canopy kaca pada ruko itu sendiri berfungsi sebagai alat melindungi bagian dari bangunan yang berada di luar. Kaca canopy yang biasanya dipakai pada umunya terdiri dari dua jenis, yaitu: kaca laminated dan kaca tempered. Dan biasanya yang dugunakan untuk canopy kaca ruko adalah kaca tempered

Kenapa harus kaca tempered? Tentunya tempered memiliki karakteristik berupa ketebalan 8 mm, 10 mm sampai dengan 12 mm. Jika ingin menggunakan pada ruko, alangkah lebih baiknya menggunakan ketebalan dengan 12 mm agar lebih tahan dan mampu menahan beban dari luar jika terjadi suatu hal.

Berikutnya adalah kaca laminated, kaca yang telah lulus pada penggunaan polyvinyl butyal (PVB) untuk ukuran dapat menyesuaikan dengan keinginan customer. Ada pun keunggulan pada kaca laminated ini adalah memiliki banyak pilihan warna dan kedap suara serta mencegah sinar ultraviolet hampir 100%.

Kaca laminated sendiri memiliki ketebalan double yaitu 6 mm + 6 mm atau biasanya 5 mm + 5 mm. Maka Anda tak perlu khawatir jika kaca pecah tertimpa suatu hal yang berat, kaca tersebut tidak akan melebur sehingga dikhawatirkan akan mengenai orang lain yang dekat dengan kaca. Karena ia akan tetap pada satuan kaca lainnya.

Cara Memilih Canopy Kaca Ruko

Saat hendak membuat canopy pada ruko tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, yaitu:
• Menentukan sketsa canopy yang Anda inginkan, tentunya harus mengutamakan dena ruko Anda seperti apa. Serta perhatikan ketebalan kaca yang akan digunakan
• Langkah berikutnya, Anda perlu mengukur halaman ruko yang akan dibuat canopy. Pada pengukurannya Anda harus menyesuaikan dengan ukuran halaman ruko Anda
• Pilih bahan kerangka canopy yang kuat serta tahan rayap atau karat.
• Agar canopy lebih kokoh dan tahan lama, Anda perlu mendobelkannya dengan sekrup atau dinabolt
• Ketika hendak memasangkan kaca pada kerangka canopy, Anda perlu melubanginya terlebih dahulu. Nah, bekas lubang pada kaca dapat diberikan klep atau sealant. Sealant juga berfungsi agar kaca tak bergeser dari rangka canopynya.

Rekomendasi Kerangka Canopy Kaca Ruko

Karena penggunaan kaca pada ruko begitu berat, maka pemilihan kerangka canopy tentunya harus diperhatikan agar canopy mampu bertahan lebih lama serta mampu menopang kaca yang memiliki berat yang tak tanggung-tanggung. Berikut adalah beberapa kerangka yang bisa Anda jadikan refrensi:

1. Besi Hollow

Besi hollow memiliki karakteristik yang bermacam-macam karena memiliki beberapa jenis bahan, antara lain: Galvanise, Galvalume, Gypsum, dan Hitam. Dari antara jenis hollow tersebut yang paling tahan terhadap karat antara Galvalume dan Hitam

2. Kayu

Kayu yang baik dan bagus bahannya pada masa ini sangat sulit untuk menemukannya, kalau pun ada pasti akan di bandrole dengan harga yang mahal

3. Baja

Anda juga bisa menggunakan besi baja WF atau H Beam. Agar terlihat lebih elegan Anda dapat melapisinya dengan bahan aluminium composite panel.

Oke, itulah beberapa hal mengenai canopy kaca ruko yang perlu Anda ketahui sebelum merancang sketsa ruko Anda. Selamat mencoba membuat canopy impian Anda.

Tags: , , , , , ,