Elemen Elemen yang ada pada Jendela

09/12/2016 - 4 minutes read

Bukan hanya didesain oleh susunan kaca dan kusen, rupanya ada elemen jendela lain yang harus Anda ketahui. Hal ini bertujuan untuk memahami kualitas jendela lebih lanjut dan mempelajari cara pembersihan jendela secara baik dan teratur.

Elemen yang Ada pada Jendela

Jendela Aluminium Sliding Elemen Jendelacaption]

Berikut beberapa elemen jendela yang perlu Anda ketahui:

1. Kusen

Banyak orang menyebut kusen adalah kerangka jendela yang menempel pada tembok. Bahan kusen sendiri biasanya berasal dari kayu. Namun, seiring berkembangnya zaman, kini sudah ada kusen yang berbahan aluminium.

Kusen berbahan aluminium ini sudah sangat banyak digunakan lantaran dapat menciptakan nuansa bangunan yang bersih dan terlihat berkelas. Bahan aluminium dianggap bisa menghadirkan suasana ruangan yang luas dan juga lapang.

Kusen yang kuat dapat tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem. Maka dari itu Anda harus memperhatikan betul perkara kusen sebelum membeli jendela. Pastikan material yang akan dipasang di rumah Anda benar-benar kuat.

Untuk kusen kayu, teliti kualitas terlebih dahulu. Ada beberapa kusen yang bisa Anda pertimbangkan. Di antaranya yaitu kamper dan bangkirai. Dua kayu tersebut masuk rekomendasi lantaran memiliki tingkat keawetan yang mumpuni. Namun, kayu jenis ini lemah terhadap rayap.

Akan tetapi, kekurangan tersebut dapat diatasi dengan diberi pelindung antirayap. Jika Anda lebih memilih kusen aluminium, tentu tidak akan bermasalah dengan rayap sebagaimana kekurangan dari kayu. Bahkan kusen aluminium sudah sangat mudah ditemui. Bahkan orang-orang sudah mulai percaya diri memunculkan aluminium sebagai kusen jendela rumah modern mereka.

Banyak keuntungan dari kusen aluminium tersebut. Salah satunya yaitu sangat ringan dan memiliki daya tahan yang lama. Tidak perlu repot perkara perawatan karena kusen aluminium sangat praktis dalam hal pembersihan.

2. Daun Jendela

Disebut daun jendela lantaran bentuknya yang bisa dibuka tutup. Dengan kata lain, daun jendela merupakan bukaan jendela yang terletak di dalam kusen.

Perihal ukuran dan bentuk daun jendela sendiri mengikuti perancangan jendela.

3. Pengisi Daun Jendela

Tentunya daun jendela memiliki pengisi yang berfungsi untuk meneruskan cahaya, mengontrol panas yang masuk, dan yang pasti bersifat tembus pandang. Biasanya pengisi daun jendela ini terbuat dari kaca dengan beberapa sifat di atas.

Sudah sangat banyak kaca dengan memperhatikan kualitas, keamanan, keselamatan, dan kekuatan. Bahkan kaca sudah bisa mengontrol panas berkat kecanggihan teknologi sekarang ini.

Ada banyak jenis kaca yang dimanfaatkan sebagai bahan pengisi daun kaca. Berdasarkan manufakturnya, ada dua kaca yang perlu Anda kenal. Yaitu float glass dan roller glass.

Untuk Anda yang mengutamakan segi tampilan jendela, ada kaca bening atau clear glass yang bisa Anda pilih. Ada juga jenis kaca sandlast yang bersifat semi transparan.

Namun, selain kaca ada juga bahan lain sebagai pengisi daun jendela ini. Misalnya kayu. Sebagai pengisi daun jendela, kayu dibuat dalam bentuk jalusi untuk memungkinkan adanya aliran udara meskipun jendela dalam keadaan tertutup.

Beberapa elemen jendela di atas harus ada pada setiap jendela. Dengan adanya elemen yang lengkap, tentunya jendela akan memberikan fungsi yang baik bagi penghuni rumah. Selain pada elemen, perhatikan juga perihal tata letak jendela. Baiknya jendela mengarah ke udara bebas agar udara dari luar juga ikut masuk ke dalam ruangan.

Tanpa sadar juga Anda sudah meminimalisir penggunaan lampu di siang hari berkat bantuan jendela.Tertarik mencoba jendela model apa? Cari kebutuhan rumah Anda, lengkap ada di Trideko.

Tags: , , , ,