Jendela Casement

28/09/2016 - 5 minutes read

Jendela casement adalah jendela yang paling banyak digunakan. Bentuk dan pemakaiannya mirip jendela kayu, seperti tipe jungkit. Tipe dan jenis ini bisa dijungkitkan ke arah depan atas dan bisa dibuka dengan didorong ke arah luar samping.

Selain cara di atas, tipe jendela jungkit ini juga bisa dibuka dengan cara menjungkitkan dari atas ke arah luar bawah. Namun cara yang satu ini dinilai kurang efektif. Karena bila jendela jungkit berada di luar ruangan, maka ruangan di dalam akan terkena cipratan air jika terjadi hujan.

Jendela Casement

Di era yang serba modern ini, terdapat banyak jenis jendela yang dapat dipasang di rumah. Banyaknya jenis dan tipe jendela menyebabkan harus berhati-hati ketika akan memilih jenis jendela yang tepat. Jangan sampai membuat keputusan yang salah.

Salah satu jenis jendela yang paling banyak digunakan dan paling banyak dipilih saat ini adalah Jendela casement. Tipe dan jenis jendela ini adalah pilihan yang paling terkenal. Jenis jendela ini merupakan tambahan bagus dan opsi menarik untuk menjadi pilihan jendela di dalam sebuah rumah.

Jendela jenis casement biasanya dikenal dengan jendela engkol. Hal ini dikarenakan jendela jenis casement dapat dibuka dengan menggunakan mekanisme engkol. Jenis jendela ini dapat dengan mudah dibuka atau ditutup dengan memutar skrup pegangan yang dapat dijangkau.

Jendela jenis casement mempunyai engsel di samping. Engsel ini dapat terbuka ke arah luar, ke arah kiri atau ke arah kanan. Jendela jenis casement tersedia di dalam konfigurasi satu, dua, tiga, empat dan lima panel.

Jendela jenis casement dibuat demi bukaan yang tingginya berukuran lebih besar dibandingkan dengan lebarnya. Jendela jenis casement mampu memberikan ventilasi udara yang baik dan cahaya dapat masuk secara alami dan maksimal.

Jendela jenis casement adalah salah satu jenis jendela aluminium yang ekonomis dan fungsional. Jendela jenis ini memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya. Jendela jenis casement bisa menjadi solusi ekonomis bagi yang membutuhkan desain yang memukau.

Jendela jenis casement pada mulanya dibuat agar menjadi jendela yang awet dan tahan terhadap angin serta cuaca ekstrem. Saat ini jendela jenis casement sudah berkembang. Jendela jenis casement sudah mempunyai wind resistant tinggi dan mampu meredam suara bising.

Tingkat kerapatan pada jendela jenis casement sangat rapat sehingga dapat menghalau suara bising dari luar. Karena kemampuannya meredam suara bising membuat jendela jenis casement dapat membantu mengurangi suara yang mengganggu.

Jendela jenis casement juga sulit untuk dibobol oleh para pencuri. Kesulitannya untuk dibongkar pencuri menyebabkan jendela jenis casement lebih unggul ketimbang jenis jendela yang lain. Engsel tak terlihat yang letaknya di dalam kusen akan menyusahkan pencuri ketika membongkar jendela.

Ditambah lagi dengan fitur multipoint locking system yang digunakan di dalam jendela jenis casement, menyebabkan jenis jendela ini sudah dipastikan aman dan bebas dari pencurian. Jadi, tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan jendela jenis casement ini.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh jendela jenis casement adalah sistem bukaannya. Sistem bukaan pada jendela jenis casement acapkali menjadi pilihan dikarenakan faktornya yang fungsional dan harganya yang relatif ekonomis.

Harga yang ditawarkan lebih rendah jika dibandingkan dengan jendela sistem bukaan yang lain. Namun jangan ditanya tentang kualitas dan kelebihannya. Pastinya harga murah namun kualitas yang dimiliki tidak murahan.

Jika tertarik dengan jendela jenis casement ini, bisa dijumpai di Trideko. Jendela jenis casement yang disediakan memiliki beberapa keunggulan yang menarik. Keunggulan tersebut akan dijelaskan ke dalam penjelasan di bawah ini.

Keunggulan Jendela Casement

Jendela jenis casement tidak mempunyai rel atau bingkai rapat. Sehingga mampu memberikan pemandangan luar ruangan yang indah dan tidak terhalang. Beberapa keunggulan dari jendela jenis casement akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Ventilasi

Jendela jenis casement mempunyai kemampuan untuk memberi ventilasi yang baik. Desain struktural yang dipunyai jendela memungkinkan jendela untuk membuat ventilasi udara yang alami. Sehingga bisa memaksimalkan masuknya udara dan cahaya.

2. Tampilan

Jendela jenis casement tidak mempunyai palang maupun bingkai. Sehingga pandangan dari luar tidak terhalang dari dalam. Tampilannya yang tidak terhalang ini menjadi salah satu keunggulan dari jendela jenis casement.

3. Warna

Jendela jenis casement juga menawarkan pilihan warna yang beragam. Adanya pilihan warna yang bermacam-macam ini dapat disesuaikan dan dicocokkan sesuai dengan warna interior desain di rumah.

Seperti itulah penjelasan dan uraian singkat mengenai Jendela casement dan beberapa keunggulan yang dimilikinya. Jika tertarik untuk menginstal jendela jenis ini, maka bisa dijumpai di Trideko. Semoga artikel ini bermanfaat.