Laminated Safety Glass (Kaca Keselamatan)

24/09/2016 - 4 minutes read

Laminated safety glass merupakan jenis kaca pengaman yang dapat menyatukan ketika hancur. Lapisan kaca ini disebut dengan kaca keselamatan dan kaca laminasi. Kaca laminasi digunakan ketika ada kemungkinan kaca jatuh dan hancur sehingga resiko terkena pecahan kecil.
Pemakaian kaca laminasi ini biasanya digunakan untuk kaca skylight dan kaca depan mobil. Kaca laminasi juga digunakan di etalase eksterior, dinding tirai dan jendela. Hal ini dikarenakan kaca laminasi mempunyai konstruksi tahan badai.

Laminated Safety Glass (Kaca Keselamatan)
Laminated safety glass merupakan susunan panel kaca yang terdiri atas 2 lembaran kaca dan disatukan dengan polivinyl butyral (PVB). Dengan kombinasi yang sedemikian rupa, menyebabkan kaca ini tetap menyatu meskipun pecah.
Kaca laminasi juga digunakan untuk meningkatkan peringkat insulasi suara jendela dikarenakan dapat meningkatkan secara signifikan panel kaca monolitik dengan ketebalan yang sama. Kaca laminasi merupakan lembaran kaca transparan yang tidak memuai dan tidak retak.
Kaca laminasi merupakan kaca pengaman yang dapat menyatu saat hancur. Hal ini karena ketika kaca pecah, kaca ditahan oleh interlayer, pada umumnya polivinyl butyral (PVB) dan etilen-vinil asetat (EVA). Lapisan interlayer menjaga lapisan kaca untuk tetap terikat meskipun ketika pecah.
Karakteristik khusus dari kaca laminasi adalah sebagai berikut. Karakteristik ini yang membedakan kaca laminasi dengan kaca yang lain. Karakteristik khusus ini yang menjadi keunggulan atau kelebihan dari kaca laminasi tersebut.

Karakteristik Laminated Safety Glass (Kaca Keselamatan)
Seperti yang telah diketahui di atas, bahwa kaca laminasi mempunyai karakteristik khusus yang membedakannya dari kaca yang lain. Berikut ini karakteristik khusus yang dimiliki oleh kaca laminasi tersebut.
1. Aman
Kaca laminasi sudah terjamin dengan keamanannya. Bila sebuah benturan mampu memecahkan kaca laminasi maka dapat ditahan pecahannya sehingga tidak sampai melukai penggunanya. Oleh sebab itu, penggunaan kaca laminasi sudah dikenal amannya.
2. Melindungi
Kaca laminasi menyediakan perlindungan yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis kaca lainnya. Standar kaca laminasi memberikan ketahanan ketika terkena serangan. Kaca laminasi mampu memberikan resistensi kepada hantaman, bom, peluru dan serangan kuat lainnya.
3. Pengontrol Solar Energi
Kaca laminasi dapat mengatasi transmisi solar energi sehingga dapat memberi kesejukan. Kaca laminasi mengatasi pantulan sinar surya tanpa distorsi warna pandang. Kaca laminasi mempunyai nilai tambah dari segi desainnya.
4. Pembatas Sinar Ultraviolet
Kemampuan kaca laminasi dalam menyaring sinar ultraviolet dipercaya mampu melindungi paparan radiasi sinar ultraviolet. Adanya penghalau terhadap sinar ultraviolet menyebabkan barang-barang di dalam mampu terlindungi dari radiasi ultraviolet.
5. Penampilan Struktur
Kaca laminasi pada umumnya mempunyai penampilan struktur yang mempunyai kejernihan sempurna. Kaca laminasi bebas dari perubahan warna. Hal inilah yang menyebabkan kaca laminasi menjadi awet dan tahan lama.
6. Daya Tahan
Kaca laminasi memiliki daya tahan dalam menahan paparan sinar dan panas. Kaca laminasi juga tahan terhadap suhu ekstrem dan kelembaban tinggi. Adanya daya tahan ini menyebabkan kaca laminasi tidak luntur dan tidak ada gelembung hawa dalam polivinyl film.
7. Warna
Kaca laminasi terbuat dari polivinyl film yang termasuk dalam pigmen solid. Adanya pigmen solid ini menyediakan pilihan-pilihan warna yang menarik dan bervariasi. Adanya warna-warna yang beragam ini menjadikan pilihan lebih banyak dan bebas.

Seperti itulah penjelasan dan uraian singkat mengenai Laminated safety glass dan karakteristik yang dipunyai. Jika tertarik dengan penggunaan kaca laminasi ini maka bisa memilih kaca ini dengan memperhatikan uraian di atas.