Macam-macam Pintu Aluminium Sliding

28/09/2016 - 4 minutes read

Pintu aluminium sliding adalah pintu yang paling sering dipakai pada bangunan minimalis. Cara kerja pintu ini adalah dengan digeser.

Pintu geser dapat dibuat dengan berbagai jumlah daun. Bisa dari satu daun, dua daun, atau bahkan bisa lebih yang disesuaikan oleh arah bukaan pintu.

Macam-Macam Pintu Geser Aluminium


Berbagai macam pintu geser aluminium dapat dibedakan menjadi beberapa jenis lagi. Bisa dari jumlah daun, cara bukaannya, atau dari warna.

Beberapa model pintu geser aluminium yang populer di antaranya, yaitu:

1. Pintu geser satu daun Pintu jenis ini cocok digunakan untuk tempat yang sempit dengan lebar bukaan kurang lebih 70 sampai 100 cm.
Contohnya pada kamar mandi atau ruangan-ruangan lain yang tidak memungkinkan dipasangi pintu lipat.
2. Pintu geser yang memiliki dua daun
Pintu jenis ini banyak dijumpai pada rumah klasik atau rumah minimalis. Ukuran daun pada pintu ini terkadang lebih lebar dari pintu kebanyakan.
3. Pintu geser empat daun
Pintu geser empat daun ini memiliki dua rell. Banyak orang memilih pintu jenis ini karena tampilannya yang lebih baik dari pintu geser dua daun. Ukuran daun yang lebar lebih baik dibagi dua.
4. Pintu geser tiga daun
Untuk Anda yang mengutamakan ukuran bukaan pintu lebih lebar, pintu geser tiga daun adalah pilihan yang tepat.

Selain dari keempat jenis di atas, masih ada banyak jenis pintu berdasarkan daun pintu. Di antaranya yaitu pintu geser enam daun dengan tiga rell. Pintu geser empat daun dengan empat rell.

Ada pula yang dinamakan pintu aluminium sliding sudut. Maksudnya adalah jenis pintu yang tidak menggunakan tiang sudut.

Keuntungan Menggunakan Pintu Aluminium Sliding

Banyak orang memilih menggunakan pintu geser dibanding pintu lipat. Hal ini karena pintu lipat aluminium memiliki harga yang relatif mahal.

Selain itu, pintu lipat hanya memiliki maksimal 90 cm lebar daun. Berbeda dengan lebar daun pintu geser yang bisa sampai 200 cm.

Selain dari alasan di atas, pintu lipat juga memiliki banyak tulangan yang dapat mengganggu pandangan ke luar dan ke dalam ruangan.

Jika mementingkan kelebihan pintu yang dapat memberikan akses jalan lebar, mungkin orang-orang akan memilih pintu lipat. Namun, rupanya saat ini sudah ada pintu geser yang dapat memberikan area bukaan sangat luas dengan menambah daun dan relnya.

Kekurangan Pintu Aluminium Sliding

Karena pintu aluminium adalah bahan konstruksi, maka di samping kelebihan pasti ada kekurangan. Beberapa kekurangan ointu geser di antara, yaitu pada bagian bawah ada kusen untuk akses jalannya rel pintu. Maka dari itu kusen dirasa kurang aman lantaran bisa mengakibatkan kaki tersandung bila jalan tidak hati-hati. Terlebih untuk anak-anak.

Jika ingin bagian bawah pintu tidak ada relnya, Anda bisa memilih pintu geser gantung. Namun, pintu geser gantung ini bisa mengurangi efektivitas kedap suaranya.

Keunggulan Pintu Geser Aluminium

Dari jenis pintu yang lain, pintu geser memiliki keunggulan cukup banyak. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda saat memilih jenis pintu yang akan digunakan. Beberapa keunggulan yang dimiliki pintu geser, di antaranya:

1. Bisa dipakai untuk penyekat ruangan. Misalnya seperti kamar tidur ke balkon.
2. Sangat cocok digunakan untuk area yang tidak memiliki akses luas untuk bukaan pintu ayun. Selain pintu geser, ada juga jendela geser yang mudah dibuka tutup alias tidak berat sewaktu didorong.
3. Desainnya tidak melulu itu-itu saja. Produksinya sengaja dibuat variatif.
4. Keunggulan lainnya adalah pada perawatan yang sangat mudah jika dibandingkan dengan jendela kayu.

Jenis-jenis pintu geser aluminium memang sangat bervariasi. Tentunya dengan dipasangi harga yang berbeda-beda pula. Sebelum membeli barang, perhatikan lebih dulu kualitas barang dan juga dengan menyesuaikan kebutuhan rumah.

Tertarik memasang pintu aluminium sliding? Gunakan produk Trideko yang tentunya selalu mementingkan kepuasan pelanggan.

Tags: , , , ,