Berbagai Macam Desain Pintu Lipat Aluminium

28/09/2016 - 4 minutes read

Pintu jenis ini biasa disebut Pintu folding aluminium. Selain fungsinya bermacam-macam, pintu lipat juga memiliki keunggulan yang beragam.

Pintu lipat aluminium bisa dibuka lebar dengan bukaan maksimal hingga seluruh sisi pintu terbuka. Namun, jika tidak memerlukan akses jalan yang lebar, pintu ini bisa dibuka satu dua daun saja. Daun pintu yang lain dibiarkan tertutup agar tidak membawa banyak debu ke dalam rumah.

Desain Pintu Lipat


Desain pintu lipat dibagi menjadi beberapa model berdasarkan jumlah daun dan cara bukaannya. Berikut beberapa macam desain pintu lipat berdasarkan jumlah daun yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

1. Pintu Lipat Tiga Daun

Pintu folding aluminium dengan desain tiga daun ini memiliki ukuran lebar 180 cm sampai 270 cm. Sementara itu, tingginya 200 cm sampai 350 cm.

Ketiga daun dari pintu jenis ini hanya bisa dibuka searah ke kiri atau ke kanan tergantung posisi pintu. Tentunya posisi ini juga disesuaikan dengan tata ruangan.

2. Pintu Lipat Empat Daun

Pintu lipat jenis ini direkomendasikan memiliki ukuran lebar bukaan 280 cm sampai 360 cm. Sementara itu, untuk tinggi pintu lipat bisa kurang lebih 200 cm sampai 350 cm.

Cara membukanya adalah dengan satu daun dibuka ke arah kiri dan tiga daun dibuka ke arah kanan. Atau bisa jadi sebaliknya.

3. Pintu Lipat Lima Daun

Pintu lipat lima daun memiliki rekomendasi ukuran lebar antara 320 cm sampai 400 cm. Adapun tinggi pintu disarankan antara 200 cm sampai 320 cm.

Letak engsel pada pintu lipat lima daun ini tidak berada di tengah. Dengan kata lain, daun pintu tidak dibagi dua, dengan pembagian dua daun dan tiga daun. Engsel berada di ujung pintu.

Maka dari itu cara bukaannya hanya satu arah. Baik itu kelima daun pintu dibuka ke arah kanan atau kiri mengikuti tata ruangan.

4. Pintu Lipat Enam Daun

Rekomendasi ukuran untuk pintu lipat enam daun ini adalah lebar 400 cm sampai 510 cm dan tinggi pintu 200 sampai 320 cm.

Pintu lipat enam daun cocok untuk Anda yang menginginkan pintu dengan bukaan tengah. Karena pintu jenis ini memiliki bukaan dua arah. Dengan pembagian tiga daun dilipat ke kanan dan tiga daun yang lain dilipat ke kiri.

5. Pintu Lipat Delapan Daun

Rekomendasi ukuran pintu ini yaitu dengan lebar 520 cm sampai 700 cm dan untuk tinggi pintu berkisar 200 cm sampai 500 cm.

Pembagian pada pintu lipat delapan daun adalah tiga daun banding lima daun. Dibagi demikian karena posisi ujung pintu harus ganjil. Lalu cara bukaannya yaitu dari posisi daun ketiga dan keempat.

6. Pintu Lipat Sepuluh Daun

Ukuran lebar pintu ini yaitu 650 cm sampai 750 cm dengan tinggi 200 cm sampai 300 cm. Pembagian pintu lipat jenis ini adalah 5 – 5 dengan bukaan dua arah. Yaitu lima daun dilipat ke arah kanan dan lima daun yang lain dilipat ke arah kiri.

Namun, bisa juga pembagian dibuat 3 – 7. Namun, hal ini memiliki kekurangan. Yaitu lipatannya terlalu banyak saat membuka tujuh daun pintu.

7. Pintu Lipat 12 atau 14 Daun

Ada juga pintu dengan 12 atau 14 daun yang dipasang. Biasanya orang-orang memesan pintu jenis ini untuk toko atau semacamnya.

Kunggulan Pintu Lipat Aluminium

• Pintu lipat dapat digunakan sebagai penyekat ruangan yang lebar. Namun, tentunya pintu ini tetap memberikan penerangan dari luar ruangan.
• Memiliki bukaan yang luas. Bahkan bukaannya bisa hampir setara dengan lebar tembok.
• Desainnya tidak melulu itu-itu saja dan bisa dikombinasikan dengan kaca mati.
• Perawatannya sangat mudah.

Sistem kerja pintu lipat aluminium adalah dengan digantung pada rel atas. Lalu agar pintu tidak goyang saat dibuka maka bagian bawah pintu diberi penahan.
Dengan memperhatikan sistem kerja pintu lipat, struktur beton pada tembok harus kuat.

Tertarik memasang pintu lipat aluminium? Hubungi saja Trideko untuk melakukan pemesanan atau konsultasi bersama kami.

Tags: , , , , ,